Presiden P2i Turut Resmikan Mesjid PP Mundzirul Qoum Jampang Bogor

Bogor 4 Desember 2023, Presiden P2i tandatangani prasasti peresmian Mesjid PP Mundzirul Qoum desa Jampang Bogor. Dalam sambutannya disampaikan bahwa bentuk nyata dari perjuangan adalah melakukan gerakkan, gerakkan dakwa dengan mengajadi anak-anak bangsa untuk belajar mengaji, membekali mereka dengan ilmu agama sejak dini, dan jangan merasa bahwa itu pekerjaan kecil atau sepele, karena ketika anda memulai bergarak, tindakan sepele itu menjadi pekerjaan besar dan akan menghasilkan dampak yang besar pula.

Daurah Pengajar Bahasa Arab Umul Qura Angkatan I Kerjasama ASFA, P2i dan Umul Qura Univ,

P2i selenggarakan Daurah (Pelatihan) Pengajar Bahasa Arab di Umul Qura Mekah. Kegiatan digelar atas kerjasama antara Lazis ASFA sebagai penyedia dana kegiatan, P2i bertindak sebagai penyedia fasiliats melalui kerja sama dengan Universitas Umul Qura yang bertindak sebagai pelaksana kegiatan daurah.

Daurah diikuti sekitar 40 orang terdiri dari para ustdaz pengajar bahasa Arab di pesantren anggota FPAG, FKPM dan P2i, serta beberapa santri PP Tazaka. Acara berlangsung dari tanggal 18 Oktober hingga 9 November 2023.

MPW P2i Jabar Terbentuk

Ciwaringin, 3 September 2023. Beberapa Pengasuh yang ada di wilayah Jawa barat bersepakat untuk membentuk Kepengurusan Wilayah Perhimpunan Pengasuh Pesantren Indonesia (P2i). Acara pembentukan MPW tersebut dilaksanakan di PP Tunas Cindekia (TC) Babakan Ciwaringin Cirebon Jawa Barat.

Hadir pada acara tersebut Presiden P2i Dr. KH. M. Tata Taufik, KH. Faisal Hilmi, MA, Pesantren Qur’an Anamfal, Cirebon, KH. Salim Abdul Ghani (Ponpest Rahmatan Lil Alamin)KH. Kosim PP. Darul Jannah Cirebon, KH, M Jauhar Haeckal Ponpes Al Ghozali, Bogor. KH. Muflihin Al Mufti Ponpes Al Ma’wa, Bogor
Ny.Hj. Mariya Susilawati PP Manbaul Hasanah Indramayu, KH. Warso Winata MA, Ponpes Darurrohmah Cirebon, KH Dedin Badrudin MA, PP Etihad Ciawigebang Kuninganm, Ny.Hj Maysaroh. PP Almubarokah Babakan Ciwaringin Cirebon, KH Muhammad Noor Fauzi, KH Dr. Ahmad Zaeni PP Raudlatu Thalibin Ciwaringin. Muhsin Arafat PP Al-Ikhlash Kuningan, KH Ulinuha Lc sebagai tuan rumah.

Pada acara yang diawali dengan sambutan tuan rumah KH. Ulinuha Lc, dilanjut dengan sambutan Presiden P2i itu, menghasilkan kepengurusan MPW P2i Jabar yang diketuai oleh KH. Ulinuha, Sekretaris, KH. Faisal Helmi MA, dan Bendahara KH. Warso Winata MA. Selanjutnya kepengurusan lengkap akan disusun oleh pengurus terpilih.

Kertua MPW P2i Jabar, Faisal Hilmi, Ulinuha, Warso Winata

Presiden P2i Ajak Pesantren MU Isi Satuan Muadalah

Bojonegoro, 22 Juli 23. Presiden P2i Dr. M. Tata Taufik ajak para penhgelola pesantren Muhammadiyah isi Satuan Muadalah (SPM). Seruan tersebut disampaikan pada acara Saresehan Pimpinan Pesantren Nasional yang diselenggarakan Pondok Modern Aisyiyah Boarding School Bojonegoro pada Kesyukuran Milad Sewindu pesantren tersebut.

Para Nara Sumber Berpoto Bersama Pengasuh Pesantren AIBS

Sampai saat ini pesantren muhammadiyah mengembangkan MBS (Muhammadiyah Boarding Scool) menurut Tata, MBS tetap menjadi program MUhammadiyah dalam meningkatkan program pendidikannya dengan meenjadikan sekolah-sekolah yang ada ditambah denghan sitem boarding, itu suatu yang terus dikembanhgkan, tapi alangkah baiknya jika Muhammadiyah mengembangkan juga pesantren secara khusus dan memilih variant pesantren Dirasah Islamiyah dengan Pola Mualimin, sejalan dengan Undang-Undang Pesantren. Sehingga menurutnya, Muhammadiyah juga berperan dalam mengisi model pendidikan pesantren. Demikian disampaikan dalam paparannya pada saresehan tersebut.

Persiden P2i Hadiri Wisuda Tahdfidz Nasional PP DAQU

Tanggerang 17 Juni 2023 Persiden Pengasuh Pesantren Indonesia (P2i) hadiri Wisuda Tahfidz Nasional Pesantren Daqu Tanggerang. Pada acara yang digelar mulai pukul 19.30 itu Dr. H. M Tata Taufik atas nama P2i meyampaikan kebahagiaanya kepada para wisudawan dan penerima ijazah sanad tahfidz dan khat Arab.

Suasana Wisuda Thafidz Nasional PP DAQU Tanggerang

Atas nama pribadi dan P2i kami merasa bahagia menyaksikan para hufadz yang insyaallah akan memelihara dan menjaga al-Qur’an. Kini Indonesia –dengan berdirinya lembaga-lembaga tahfidz– sudah menjadi bagian dari pemelihara al-Qur’an agar tidak hilang dari muka bumi ini, demikian disampaikan dalam sambutannya. Arti menjaga al-Qu’an di antaranya dengan menjaga lembaga-lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tahfidz, pungkasnya.

P2I Selenggarakan Buka Bersama Santri PP At-Taubah Lapas Pemuda Tanggerang

Sudah hampir satu tahun program kerjasama antara P2i dan Dirjenpas Kemenkumham RI dalam rangka pembinaan melalui pesantren At-Taubah di Lapas Pemuda Tanggerang. Kegiatan kepesantrenan diisi dengan berbagai kajian termasuk program tahfidz bekerja sama dengan beberapa pesantren dan para ustadz yang siap mengabdikan diri untuk mengajar di pesantren tersebut.

Suasana Menjelang Bukber Pesantren At-Taubah Lapas Pemuda Tanggerang

Pada hari Sabtu sore 8 April 2023 diselenngarakan acara buka bersama para santri napi yang berjumlah sekitar 500 orang. Acara di gelar di lapangan Futsal Lapas dengan pesertabpara asatidz pembnina pesantren dan pengurus P2I serta bpara petugas Lapas. Acara tersebut diisi juga dengan pemberian al-Qur’an dari PP Darunnajah Jakarta, Pemberian THR bagi para ustadz yang mengajar tanpa pamrih duniawi setiap harinya.

Beberapa sponsor yang mendukung terselenggaranya kegiatan tersevut antarablain LAZIS Assalam Fil Alamian (ASFA) PP Darunnajah serta para Muhsinin yang dari wilayah sekitar dan anggota P2I.

Semoga dengannkegiatan seperti ini dapat memberikan manfaat demi kemaslahatan bersama.

Pengurus P2i Kunjuni PP Lirboyo

Lirboyo 5 Maret 20223, Presiden P2i beserta rombongan pengurus kunjungi PP Lirboyo Kediri. Rombongan yang terdiri dari Presiden P2i Dr. M. TataTaufik, wakil KH Anang Rikza Mashadi MA, PhD, KH. DR. Zulkifli Muhadli Majlis Musytasar, KH. Dr. Sofwan Manaf ketua Pembina, dan KH. Abdul Kholiq MA Sekjen serta pengurus lainnya dan anggota sekitar 30 orang tiba di PP Lirboyo menjelang magrib.

Suasana Silaturahmi dengan Santri Lirboyo

Kedatangan rombongan disambut oleh Pengasuh Pesantren KH. Abdullah Kafabihi Mahrus, usai acara ramah tamah rombongan diajak ke Mushala untuk silaturahmi dan berbagi informasi. Selanjutnya rombongan dibawa ke Aula Muktamar untuk bersilaturahmi dengan para santri, acara silaturahmi diisi dengan sambutan rombongan FPAG KH. Dr. Zulkifli Muhadli, serta Presiden P2i. Dr. M. Tata Taufik kemudian dilanjutkan dengan sambutan tuan rumah KH. Abdullah Kafabihi Mahrus.

Hadir dalam silaturhami tersebut KH. Abdur Rauf Maemun dari pesantren Al-Anwar Sarang serta serta beberapa pengurus Forum Komunikasi Pesantren Muadalah Salafiyah Dr. Ahmad Taufik dari Salafiyah Pasuruan, Gus Yunus Tebuireng, serta Gus Ulin Nuha dari Mathaliul Anwar Kajen.

Beasiswa Kolaborasi Assalam Fil’ Alamin dengan P2i

Perhimpunan Pengasuh Pesantren Indonesia (P2i) bekerja sama dengan LAZIS Assalam Fil’ Alamin (ASFA) akan salurkan beasiswa bagi 14 Ma’had Aly dan 10 Pendidikan Diniyah Formal (PDF). Program tersebut diawali dengan penandatanganan MOU antara P2i dengan LAZIS Assalam Fil’ Alamin pada 9 November 2022 lalu di PP Darunnajah Jakarta. Kedua belah pihak bersepakat untuk bekerja sama dalam pengembangan pesantren terutama pada bidang Pengembangan SDM dan Pengkaderan di Pesantren.

Tindak lanjut dari MOU tersebut, untuk tahap awal diluncurkannya program beasiswa untuk 10 Ma’had Aly dan PDF, hal ini disepakati dalam pertemuan pihak P2i, beberapa pengasuh pesantren dan pihak Lazis Assalam di kediaman Ketua Yayasan Assalam Fil’ Alamin Dr. H. Syafruddin di Makasar.

Ma’had Aly yang diprogramkan mendapat beasiswa tersebut antara laian:

Nama LembagaAlamat
Ma’had Aly Attarmasi PP Tremas Pacitan Jatim
Ma’had Aly Hasyim Asy’ari PP Tebuireng 
 Ma’had Aly  Al Mubarok Wonosobo JatengWonosobo
Ma’had Aly  Idrisiyah Tasikmalaya
Al Hikamus SalafiyahCiwaringin  Cirebon
Sa’idusshiddiqiyahJakarta Barat 
 Al-Anwar Sarang 
LirboyoKediri

Adapun dari Pendidikan Diniyah Formal (PDF) antara lian: PDF Al-Mubarok Manggisan, APIK Kendal, Al-Masthuriyah Sukabumi, Darul Halim Bandung, Al-Fithrah Surabaya, Nurul Qodim Probolinggo, Nurul Cholil Bangkalan, Fathul Ulum Jombang, Cokrokertopati Magetan, Genggong Probolinggo, As’Adiyah Sengkang, Nahdatul Ulum Maros, dan Darussalim Bati-Bati. Dengan jumlah keseluruhan 100 orang santri.

Konferensi Pengasuh Pesantren Indonesia

Perhimpunan Pengasuh Pesantren (P2i) akan selenggarakan Konferensi Pengasuh Pesantren Se-Asia Tenggara. Acara tersebut akan diselenggarakan dari 6-8 November 22 bertempat di Pesantren Darunnajah Jakarta.

Menurut rencana Konferensi dan Launching Universitas Darunnajah serta Munas I P2i itu akan dibuka oleh Wapres RI, serta Keynote akan disampaikan oleh DR. Drs. H. Jusuf Kalla Ketua Umum DMI, dan DR. Drs.H. Syafruddin Kambo M.Si. Wakil Ketua Umum DMI.

Acaa terbuka bagi pengasuh pesantren yang berminat mengikuti Konferensi dengan kuota terbatas, bagi yang berminat diharapkan untuk meghisi formulir kehadiran selambat-lambatnya tangal 10 Oktoober 22.

Selenkapnya:

Konferensi Pengasuh Pesantren Bersama P2i & Universitas Darunnajah Jakarta

Silaturahmi P2i Dengan DMI

P2i, 5 Feb 22, Presiden P2i Dr. M. Tata Taufik beserta Beberapa pengurus dan Pembina hadiri Silaturahmi Para Pimpinan Pondok dan Organisasi kepesantrenan lainnya dengan DMI (Dewan Mesjid Indonesia) yang diwakili Waketum DMI DR. H Syafuddin di Gedung DMI Pusat Matraman Jakarta.

Pertemuan berdurasi 2 jam lebih itu membahas persoalan kepesantren yang sduah berjalan dan tahapan-tahapan pengembangan berikutnya. Di antara pokok bahasan adalah soal muadalah ke Al-Azhar Cairo Mesir yang baru-baru saja dilaksanakan serta perluasan muadalah ke beberapa Universitas Luar Negeri yang akan segera dirancang.

Dalam paparannya Waketum DMI mengharapkan agar pesantren bisa menyiapkan SDM unggul yang pada gilirannya akan mengisi Bonus Demography pada 2040an mendatang.

Sementara Ketua P2i menyampaikan rancangan pengembangan pesanren ke depan, menurutnya pesantren ke depan tidak saja harus bisa menjadi primadona pendidikan di negeri sendiri, tapi lebih dari itu harus bisa menjadi destinasi pendidikan Islam Dunia Internasional. Beberapa pesantren yang ada saat ini telah menjadi destinasi pendidikan internasional seperti Gontor, Darunnajah Jakarta dan pesantren- pesantren lainnya. Posisi ini juga harus bisa diikuti oleh pesantren-pesantren lain. tandsnya.